• SMAN 6 KOTA KOMBA
  • LONG LIFE EDUCATION_ LANGIT DAN BUMI AKAN BERLALU TAPI PERKATAANKU TIDAK AKAN BERLALU_ BELAJAR SEPANJANG MASA
  • info@sman6kotakomba.sch.id dan smanegeri6_kisol@yahoo.com
  • 085338311508
  • RSS
  • Pencarian

Apa yang dibutuhkan (dalam pembelajaran) peserta didik saat ini?

Pertanyaan di atas sebenarnya mau mengurai dan menelisik lebih jauh kebutuhan peserta didik kita dalam pembelajaran. Peserta didik maunya apa? Peserta didik butuh apa agar akses pembelajarannya dapat tersalurkan lewat kehadiran guru? Pertanyaan ini mau mengafirmasi konsep pembelajaran saat ini yang bukan lagi teacher centered tetapi student centered. Selama ini atau mungkin masih terus terjadi guru masih menempatkan dirinya sebagai bank ilmu, tempat pertama dan satu-satunya yang mengalirkan ilmu kepada peserta didiknya. Guru masih terjebak anggapan bahwa peserta didik tidak bisa berbuat apa apa tanpa guru. Anggapan ini menempatkan anak didik pada situasi menunggu, tidak aktif dan tidak bisa mengakses materi atau ilmu pengetahuannya. Situasi seperti ini membuat guru tidak dapat mengajar dengan baik. Ekspresi dan tanggapan peserta didik tidak memuaskan guru dan situasi pembelajaran menjadi bosan dan jenuh. Hasil akhir tentu saja akan berakhir pada kegagalan semua pihak. Guru dan Peserta didik merasa tidak puas.

Lalu apa yang mesti dilakukan oleh seorang guru saat ini? Guru saat ini harus bisa mengupgrade kemampuan dan kompetensinya. Saat ini guru bukan satu-satunya akses belajar pertama dan utama. Kemajuan teknologi komunikasi dan dunia internet kadang membuat Peserta didik tidak membutuhkan guru lagi untuk akses pembelajarannya. Karena itu, teacher centered dalam dunia edukasi bukan lagi  memonopoli iklim pendidikan dan pembelajaran di kelas lebih khusus. Peserta didik yang sudah menguasai teknologi komunikasi dan internet kadang menjadi malas mengikuti pembelajaran di kelas, apalagi dengan kehadiran guru yang selalu monoton, tidak kreatif, dan miskin kemampauan inovatif dalam pembelajaran. peserta didik cepat bosan jika metode dan model pembelajaran dari masa ke masa selalu monoton dan tidak ada sesuatu yang baru di dalamnya.

Lalu apa sebenarnya kebutuhan peserta didik saat ini. Pertanyaan ini sebenarnya sederhana namun menantang guru untuk menggali dan menemukan keinginan mereka yang sebenarnya. Kadang guru mematikan ruang dan kehendak peserta didik dalam dunia pendidikan. Guru selalu berpikir bahwa "caranya" sudah pasti diterima oleh peserta didik. Namun kenyataannya di kelas, ada penolakan dalam diam, tidak ekspresif dan reaktif yang menyenangkan dari peserta didiknya. Guru yang bijak dan baik pasti akan mencari tahu apa sesungguhnya kebutuhan  peserta didik dalam pembelajaran di kelas atau di luar kelas. Guru harus rendah hati untuk bertanya langsung ke peserta didik tentang apa yang mereka inginkan, metode dan model pembelajaran seperti apa yang mau dihidupi di kelas. Dari sinilah guru bisa menentukan dan menetapkan model dan metode yang tepat untuk menjawabi kebutuhan peserta didiknya. 

Satu hal yang penting dalam pembelajaran ini adalah menciptakan situasi yang membuat peserta didik bergairah untuk belajar dan mencari literatur yang mendukung materi ajar di kelas. Guru tugasnya hanyalah fasilitator untuk memudahkan askes peserta didik untuk mencari, menemukan ilmunya. Guru harus siap memberikan hal-hal tambahan yang melengkapi gairah belajar peserta didiknya. Tuntutan menjadi guru pada saat ini adalah menjadikan proses belajar di kelas sebagai ruang dan kesempatan bagi peserta didiknya untuk aktif mencari, aktif bertanya dan aktif menambah literatur dari berbagai sumber yang mumpuni. Siswa diberi akses seluas-luasnya untuk menambah wawasan dan pengetahuannya lewat sumber sumber terpercaya dan legal. Keadaan seperti inilah yang diharapkan mampu menjawabi kebutuhan dan keinginan peserta didik saat ini. 

 

 

by. Yordan Ermenilda Alang, S.Pd

Staf Pengajar SMP Seminari Pius XII Kisol

Tulisan Lainnya
PENDIDIKAN ERA NEW NORMAL: BELAJAR DARI STUDY FROM HOME

  Sumber : Abdorrakhman Gintings, Jatnika Hermawan Penulis : Jatnika Heramawan   PENDIDIKAN ERA NEW NORMAL: BELAJAR DARI STUDY FROM HOME   Abdorrakhman Gi

05/10/2020 10:03 - Oleh Administrator - Dilihat 21 kali