You need to enable javaScript to run this app.

Breaking News: Perpustakaan Digital (GeTar SMAN 6 Kota Komba) Dibuka Pertama Kali Oleh Korwas SMA/SMK/SLB Manggarai Timur

  • Jum'at, 12 Mei 2023
  • Frumensius Hemat
Breaking News: Perpustakaan Digital (GeTar SMAN 6 Kota Komba) Dibuka Pertama Kali Oleh Korwas SMA/SMK/SLB Manggarai Timur

Kisol,11 Mei 2023. Hari ini komunitas SMAN 6 Kota Komba merilis GeTar SMAN 6 Kota Komba, sebuah media perpustakaan digital. Gerakan Literasi (GeTar) merupakan perpustakaan digital yang menjadi wadah asupan literasi bagi para guru,peserta didik dan masyarakat. Perpustakaan digital yang dikemas dengan sangat baik ini merupakan terobosan terbaru SMAN 6 Kota Komba setelah mengadakan kunjungan singkat ke SMAS St.Fransiskus Saverius Ruteng yang telah lama memiliki perpustakaan jenis ini. Hari ini GeTar SMAN 6 Kota Komba merilis secara resmi perpustakaan online ini oleh Bapak Lukas Sumba, S.Fil selalu kordinator Pengawas SMA/SMK/SLB Kabupaten Manggarai Timur. Seremonial yang sederhana ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika SMAN 6 Kota Komba. Giat literatif ini ditandai dengan loading dan baca pertama kalinya oleh Bapak Lukas Sumba,S.Fil yang didapuk sebagai anggota luar biasa di perpustakaan digital milik SMAN 6 Kota Komba. Selanjutnya penerbitan akun para guru dan pegawai, dan semua peserta didik akan dirilis oleh admin sekolah. Setelah dirilis oleh korwas, diikuti oleh perwakilan guru dan peserta didik untuk menggunakan pertama kalinya media literatif ini. Ibu Maria Fatima Baru, S.Pd mewakili para guru dan Enji, ketua OSIS SMAN 6 Kota Komba mewakili para peserta didik untuk mengakses dan berselancar.

Lukas Sumba, S.Fil dalam sambutannya memberi apresiasi setingi-tingginya kepada komunitas SMAN 6 Kota Komba atas gerakan dan terobosan yang sangat baik dalam digitalisasi sekolah terutama gerakan Literasi. "Perpustakaan digital ini sangat up to date dan sesuai dengan kodrat jaman saat ini yang dapat digunakan untuk menambah asupan literasi bagi guru dan peserta didik.Harapannya, para guru dan peserta didik akan memanfaatkan media ini untuk gerakan membaca dan menulis"tegas Lukas Sumba,S.Fil. Hal lain yang ditambahkan oleh Korwas energik ini adalah pentingnya semangat membaca dan ini terobosan pertama di tingkat SMA di Manggarai Timur yang memanfaatkan platform digital berkaitan dengan perpustakaan. Diharapkan media ini menjadi tempat yang tepat bagi guru dan  peserta didik dalam mengeksplorasi setiap jenis buku yang ada dalam perpustakaan digital ini.

Sementara pada kesempatan lainya, Kepala SMAN 6 Kota Komba, Frumensius Hemat, S.Fil menegaskan bahwa kerinduan untuk memiliki perpustakaan dengan lebih banyak buku, lebih banyak variasi menjadi nyata dalam bentuk perpustakaan digital ini. Pihak sekolah akan memperhatikan sungguh-sungguh memanfaatkan perpustakaan digital ini dengan baik dan efektif." Perpustakaan ini memiliki kelebihan dalam mengontrol keseriusan guru dan siswa dalam membaca semua jenis buku yang ada dalamnya. Meskipun jumlah bukunya belum terlalu banyak, sudah dipastikan dari tahun ke tahun akan ditambahkan jenis buku dan jumlahnya" tandas ketua MKKS SMA Manggarai Timur. Aplikasi perpustakaan digital ini menjadi media sekaligus alat kontrol sejauh mana keseriusan para guru dan peserta didik menanamkan semangat membaca dan menulis di dalamnya. Media ini bisa diakses dan didownload oleh guru dan siswa dengan menggunakan android. ini link untuk mendownload apk perpustakaan digital milik SMAN 6 Kota Komba. Keberadaan perpustakaan digital ini bisa langsung didownload di play store versi android. Silahkan klik di link di bawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kubuku.kbk1882435

Maria Fatima Baru, S.Pd salah satu guru di SMAN 6 Kota Komba mengaku sangat bersyukur dengan gerak cepat sekolah menyiapkan kebutuhan belajar peserta didik dalam bentuk perpustakaan digital seperti GeTar SMAN 6 Kota Komba ini. " Ini terobosan literatif yang luar biasa, saya dan rekan guru sangat antusias menyambut keberadaan perpustakaan digital ini dan para murid sudah pasti semakin dipermudah dalam membaca dan menulis ke depannya" kata Bu Atik.

Maria Rachel Anggita Mengo,yang biasa disapa Enji, siswi energik dan ketua OSIS SMAN 6 Kota Komba berpendapat bahwa perpustakaan digital ini merupakan media yang sangat berharga yang disiapkan oleh sekolah untuk memenuhi dahaga literasi bagi kami para murid." Kami akan memanfaatkan dengan sungguh-sungguh keberadaan media ini untuk membaca dan menulis kami" demikian janji dari ketua OSIS ini.

Semoga GeTar SMAN 6 Kota Komba ini membawa manfaat yang sangat besar bagi guru dan peserta didik seluruhnya.

Salam literasi!!!

Bagikan artikel ini:
Frumensius Hemat, S.Fil

- Kepala Sekolah -

Puji Syukur kita persembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah Dan rahmatnya sehingga akhirnya kami dapat meluncurkan kembali website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana informasi yang dipublikasikan di website ini sungguh membantu anda?

Hasil