You need to enable javaScript to run this app.

Optimalisasi Peran Teknologi Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran

  • Kamis, 21 November 2024
  • Kontributor SMAN 6 KOTA KOMBA
Optimalisasi Peran Teknologi Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran

         Setelah kemampuan menangkap makna terkait ungkapan meminta dan memberi pendapat dalam sebuah dialog pada pembelajaran Bahasa inggris di kelas XI P4 SMA Negeri 6 Kota Komba, siswa mengalami kesulitan dalam kemampuan speaking untuk mengungkapkan pendapat atas topik-topik yang diberikan.

              Ditengah fakta yang memilukan ini, saya coba menjelaskan ulang tentang dialog yang pernah didengar. Bahkan menulis Kembali dialog itu secara detail dalam whiteboard. Setelah itu terlintas Kembali dalam benak saya akan pengalaman menarik saat pelajaran Bahasa inggris dikelas X sebelumnya. Saat itu siswa yang kesehariannya diam dan malu-malu mampu tampil dengan baik pada video dialog yang telah mereka rekam.

              Di kelas XI P 4 ini, saya tidak menyuruh mereka membuat video. Mereka hanya menggunakan fitur perekam suara pada android mereka masing-masing. Secara umum, siswa dan siswi telah memiliki naskah dialog secara berpasangan namun mereka enggan untuk tampil secara langsung dihadapan saya dan memilih untuk terus berlatih. Setelah saya memberikan pilihan baru dengan merekam menggunakan android mereka, akhirnya semua peserta didik bisa menampilkan dialog yang kemudian saya nilai dari rekaman mereka masing-masing.

              Setelah mendengarkan audio dialog mereka, saya memberikan umpan balik. Dalam beberapa kesempatan saya bertanya kepada murid terkait alasan memilih rekaman. Mereka bersaksi bahwa mereka tidak merasa malu dan takut dengan guru dan teman-teman kelas. Mereka lebih bebas dan percaya diri dengan kegiatan itu yang pada akhirnya membawa perubahan besar pada diri mereka yakni bisa membuat dialog meminta dan memberi pendapat.

              Adakah yang salah dari paraktik ini? Panjaitan (2010) dalam artikelnya berjudul ‘Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris’ menjelaskan beberapa model penilaian Bahasa inggris. Model penilaian ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa. Tugas-tugas itu seperti mendengarkan dengan berbicara, mendengarkan dengan menulis, mendengarkan dengan berbicara dan menulis, membaca dengan menulis dan berbicara serta ragam lainnya.

              Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa contoh tugas mendengarkan dengan berbicara adalah kegiatan bercakap-cakap dan bertanya jawab (berdialog). Dalam penilaian tugas siswa, guru dapat langsung memberikan penilaiannya dan/ atau merekam kegiatan peserta didik dengan menggunakan audio-recorder. Dengan menggunakan rekaman, guru dapat memberikan penilaian yang lebih teliti.

              Ulasan dari panjaitan dalam artikelnya itu membenarkan praktik penugasan yang saya alami. Meski dalam prakteknya penulis tidak melakukan rekaman kegiatan  melainkan peserta didik sendiri yang merekam akan tetapi penggunaan audio-recorder ini telah menjadi rekomendasi untuk penugasan terkait kemampuan speaking siswa. Memberikan tugas merekam sendiri kepada siswa tidak hanya memberikan mereka kebebasan untuk berekspresi melainkan juga menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk menampilkan yang terbaik. Selain itu kesaksiaan siswa terkait kehadiran guru secara langsung saat mereka berdialog justru mengurangi kepercayaan diri mereka dan meningkatnya rasa takut. Hal ini tentu harus dihindari oleh seorang guru.

              Tercapainya tujuan pembelajaran adalah impian dari semua guru yang sedang mengajar. Karena itu, pengalaman baik saya ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengoptimalkan pembelajaran anda dengan bantuan teknologi.

Oleh: Maksimilianus Galawanto, S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMAN 6 Kota Komba

Bagikan artikel ini:
Frumensius Hemat, S.Fil

- Kepala Sekolah -

Puji Syukur kita persembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah Dan rahmatnya sehingga akhirnya kami dapat meluncurkan kembali website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana informasi yang dipublikasikan di website ini sungguh membantu anda?

Hasil