• SMA NEGERI 6 KOTA KOMBA
  • LONG LIFE EDUCATION_ LANGIT DAN BUMI AKAN BERLALU TAPI PERKATAANKU TIDAK AKAN BERLALU_ BELAJAR SEPANJANG MASA

Berita Gembira! SMAN 6 Kota Komba Turunkan Uang Sekolah Secara Signifikan

Salam Penuh Kasih 

Salam jumpa bapa mama kakak adik dan seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Tanah Rata, Desa Bamo dan Desa Lembur dan daerah sekitarnya. Secara resmi SMAN 6 Kota Komba mengumumkan berita gembira  tentang penetapan keuangan sekolah.

Pendasaran dan pertimbangkan 

  1. Saat ini pandemi covid 19 cukup mempengaruhi dan merasuki hampir semua elemen kehidupan masyarakat. Masyarakat seluruhnya mengalami adanya tantangan dan kesulitan berhadapan dengan pandemi covid 19 ini. Berkaitan dengan ini pihak SMAN 6 Kota Komba mencoba membantu mengurangi beban masyarakat dengan memutuskan pengurangan secara signifikan keuangan komite.
  2. Menyikapi secara kritis tentang kenaikan begitu tinggi keuangan sekolah di beberapa sekolah Negeri dan SMK berdampak pada tingginya angka putus sekolah karena alasan ketidakmampuan melunasi keuangan sekolah. Sebagai bentuk keberpihakan dan usaha untuk menyukseskan wajib belajar dan mengurangi angka putus sekolah maka pihak SMAN 6 Kota Komba memberi akses dan hak untuk bersekolah bagi masyarakat khususnya anak-anak dengan menetapkan keuangan komite secara signifikan dan murah.
  3. Sekedar membandingkan keuangan sekolah antara SMAN 6 Kota Komba dengan sekolah lain, khususnya SMK atau SMA di Borong. Misalkan saja, jika kita menyekolahkan seorang remaja perempuan di salah satu SMK di Kota Borong, maka perhitungan keuangan sebagai berikut: * Uang sekolah/Komite pertahun Rp. 1.200.000,-** Uang praktek di salah satu jurusan di SMK misalnya Rp.300.000,-/semester artinya Rp.600.000,-/pertahun.***Uang asrama Rp.50.000/bulan totalnya Rp. 600.000,-/tahun, ****Beras rata-rata 20 kg/bulan dikalikan Rp.10.000/kg selama 1 tahun maka hasilnya Rp.1.200.000,- uang  transpor dari rumah ke asrama dan sebaliknya dari asrama ke rumah minimal Rp.50.000/bulan totalnya Rp.600.000/pertahun. *****Uang kosmetik dan pulsa remaja perempuan, minimal Rp.100.000,/bulan totalnya Rp.1.200.000/tahun. Secara keseluruhan kita akan mengeluarkan biaya sekolah anak sebanyak Rp.5.400.000 ( Lima juta empat ratus ribu rupiah) selama satu tahun. Bandingkan dengan Penetapan keuangan sekolah SMAN 6 Kota Komba. Uang sebesar Rp.5.400.000 bisa membiayai 7 orang selama 1 tahun.

Penetapan Uang Sekolah

Secara resmi SMA Negeri 6 Kota Komba memutuskan dan menetapkan Keuangan Komite tahun ajaran 2021/2022  sebesar Rp. 800.000,/tahun- (Delapan Ratus Ribu Rupiah). 

Perbandingan keuangan sekolah SMAN 6 Kota Komba tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019 sebesar Rp.1.250.000/tahun, tahun 2020 sebesar Rp.1.050.000,-/tahun. Ada pengurangan yang sangat signifikan di tahun ajaran baru nanti.

Alasan Memilih dan Mendaftar Di SMAN 6 Kota Komba

  1. SMAN 6 Kota Komba ditetapkan sebagai salah satu Sekolah Penggerak yang saat ini sedangkan dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Beberapa keunggulan dan keuntungan dari penetapan ini adalah: Pelatihan dan peningkatan kompetensi dan mutu kepala sekolah dan para guru, Digitalisasi sekolah yakni penggunaan peralatan teknologi dalam proses pembelajaran, adanya dana tambahan yang mendukung keseluruhan dinamika pembelajaran di sekolah dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.
  2. SMAN 6 Kota Komba terletak di daerah strategis dengan fasilitas dan gedung yang lengkap. Memiliki Ruang kelas yang memadai, Laboratoriun MIPA, Laboratorium TIK, Perpustakaan (sedang diurus perpustakaan online), dan fasilitas pendukung lainnya.
  3. SMAN 6 Kota Komba memiliki lapangan multi guna diantaranya : Lapangan futsal, lapangan voli dan lapangan basket yang berlantai beton. Lapangan yang sama bisa digunakan sebagai  tempat upacara dan pentas seni.
  4. SMAN 6 Kota Komba bekerja sama dengan masyarakat dan para guru untuk membuka asrama bagi putra dan putri dengan harga yang murah dan terjangkau.
  5. SMAN 6 Kota Komba saat ini sedang dalam pengembangan pembelajaran dalam jaringan/online lewat aplikasi elearning yang ada dalam website resmi sekolah yakni, https://sman6kotakomba.sch.id

 

Tunggu apa lagi...ayo daftar segera. Segera daftar dan bergabung di SMAN 6 Kota Komba. Nara hubung nomor hp.085338311508 (kepsek), Kesiswaan (081337565231

 

Terima kasih dan selamat datang di SMAN 6 Kota Komba

 

Kisol,5 Mei 2021

 

Kepala Sekolah

 

Frumensius Hemat,S.Fil

                          

Komentari Tulisan Ini