You need to enable javaScript to run this app.

INILAH DASAR SMAN 6 KOTA KOMBA DAN SMAS SEMINARI PIUS XII KISOL GELAR KELAS PERSIAPAN SELEKSI CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 10

  • Senin, 02 Oktober 2023
  • Frumensius Hemat
INILAH DASAR SMAN 6 KOTA KOMBA DAN SMAS SEMINARI PIUS XII KISOL GELAR KELAS PERSIAPAN SELEKSI CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 10

Kisol, 2 Oktober 2023,

Di sebuah sekolah, langkah-langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan merupakan landasan yang tak terpisahkan. Salah satu langkah penting dalam upaya tersebut adalah mengikuti seleksi guru penggerak Angkatan 10 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Mengapa hal ini sangat penting, baik bagi sekolah maupun bagi guru yang terlibat. Pertama, Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sekolah adalah tempat di mana para generasi muda belajar dan berkembang. Meningkatkan kualitas pendidikan adalah tugas utama bagi setiap sekolah. Mengikuti seleksi guru penggerak memberikan peluang kepada sekolah untuk mendatangkan para guru yang memiliki dedikasi tinggi dan kompetensi dalam mengajar. Guru penggerak yang terpilih memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan prestasi siswa. Kedua, Inovasi Pendidikan.Dalam dunia yang terus berkembang, inovasi dalam pendidikan sangatlah penting. Guru penggerak seringkali menjadi sumber inspirasi untuk inovasi. Mereka membawa ide-ide inovatif dan metodologi pembelajaran yang baru ke dalam sekolah. Dengan begitu, mereka dapat menjadi agen perubahan yang membantu sekolah mengadopsi praktik terbaik dalam proses belajar-mengajar. Ketiga, Peningkatan Kolaborasi.Kolaborasi antara guru-guru yang berbakat dan berdedikasi adalah kunci untuk menghadirkan pembelajaran yang berkualitas. Seleksi guru penggerak dapat memfasilitasi kerjasama antara para pendidik yang memiliki kompetensi tinggi. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung dan berkontribusi positif pada pertumbuhan profesional kolektif. Guru-guru dapat berbagi pengalaman dan mempelajari praktik terbaik satu sama lain. Keempat,Mengatasi Tantangan Spesifik. Setiap sekolah memiliki tantangan spesifik yang perlu diatasi. Guru penggerak sering kali ditugaskan untuk mengatasi tantangan khusus dalam pendidikan, seperti peningkatan literasi, atau masalah disiplin. Kehadiran guru penggerak yang berkompeten dapat membantu sekolah dalam menghadapi tantangan-tantangan ini dengan strategi yang efektif. Kelima, Prestise Sekolah. Prestise sekolah juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan guru penggerak yang berkualitas. Guru penggerak yang kompeten dan sukses dapat meningkatkan reputasi sekolah di mata siswa, orang tua, dan komunitas setempat. Hal ini bisa menciptakan daya tarik bagi siswa untuk bergabung dengan sekolah tersebut dan mendapatkan dukungan lebih besar dari komunitas.
Sementara itu, bagi guru yang terlibat, mengikuti seleksi guru penggerak juga memiliki dampak yang signifikan:Pertama, Pengembangan Profesional. Mengikuti seleksi guru penggerak memberikan kesempatan emas bagi guru untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Mereka dapat menghadapi berbagai tantangan pembelajaran yang berbeda-beda dan memperluas wawasan mereka tentang dunia pendidikan. Ini adalah kesempatan berharga untuk pertumbuhan profesional. Kedua,Peningkatan Karier. Terpilih sebagai guru penggerak bukan hanya prestasi yang membanggakan, tetapi juga dapat membuka pintu bagi pengembangan karier. Guru penggerak yang sukses seringkali memiliki kesempatan untuk mengambil peran kepemimpinan, seperti menjadi koordinator program atau kepala sekolah. Ini adalah langkah besar dalam meningkatkan karier sebagai pendidik. Ketiga, Kontribusi pada Perubahan Positif.Guru penggerak memiliki peluang langka untuk memberikan kontribusi yang nyata pada perubahan positif dalam sistem pendidikan. Mereka memiliki potensi untuk memengaruhi kebijakan, praktik pengajaran, dan budaya sekolah. Ini adalah kesempatan langka untuk membawa perubahan yang diinginkan dalam dunia pendidikan. Keempat, Prestise Profesional. Gelar guru penggerak adalah tanda pengakuan atas prestasi luar biasa dalam profesi pendidikan. Hal ini dapat meningkatkan prestise profesional seseorang dalam komunitas guru dan pendidikan secara umum. Ini adalah penghargaan atas dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan dalam mengajar. Kelima, Pengaruh Positif pada Siswa. Tidak hanya bagi guru dan sekolah, tetapi juga bagi siswa. Guru penggerak memiliki kesempatan untuk memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan dan prestasi siswa. Mereka dapat membantu siswa mencapai potensi mereka yang terbaik, memberikan inspirasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menggairahkan.Dengan demikian, mengikuti seleksi guru penggerak bukanlah sekadar sebuah tugas rutin, tetapi sebuah langkah penting dalam memajukan dunia pendidikan. Ini adalah investasi dalam kualitas pendidikan yang akan membawa manfaat jangka panjang bagi sekolah, guru, dan siswa.Bertolak dari beberapa pertimbangan dan argumentasi di atas maka peru dibentik Tim Sukses Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10, yang terdiri dari Bapak Lukas Sumba, S.Fil, Rm. Eduardus Sateng Tanis, Pr, S,Fil, S.Pd, Frumensius Hemat, S.Fil,  Bapak Melky Flavianus Sino, S.Pd dan Ibu Maria Fatima Baru, S.Pd, dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta seleksi calon guru penggerak dari SMAN 6 Kota Komba dan SMAS Seminari Pius XII Kisol. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para calon guru penggerak siap mengikuti seleksi dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.


II. TujuanTujuan dari kegiatan kelas persiapan ini adalah: Memastikan bahwa para calon guru penggerak memahami tata cara simulasi mengajar dan persyaratan yang diperlukan.Mempersiapkan materi dan strategi yang efektif untuk simulasi mengajar. Meningkatkan keterampilan peserta dalam melaksanakan simulasi mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).


III. Rencana Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari/Tanggal : 2 Oktober 2023 Waktu : PKL.08.00 - 12.00 Wita- Tempat : SMAN 6 Kota Komba . adapun materi pelatihan sebabgai berikut:

Persiapan Materi Simulasi Mengajar 

  • Penjelasan mengenai pentingnya memilih topik yang sesuai dengan RPP.Fokus pada Tahap Pembuka dan Inti Pembelajaran - Teknik membuka pembelajaran yang menarik dan efektif.  - Pengembangan materi inti pembelajaran yang jelas dan terstruktur.Pelaksanaan Simulasi Mengajar  - Panduan praktis melaksanakan simulasi mengajar dalam 10 menit.  - Strategi mengatasi tantangan selama simulasi.Simulasikan Pembelajaran Tatap Muka    - Bagaimana menciptakan atmosfer pembelajaran yang interaktif. Persiapan Alat dan Bahan    - Checklist alat dan bahan yang diperlukan untuk simulasi.Sesi Tanya Jawab dengan Asesor    - Persiapan menjawab pertanyaan dari tim asesor dengan baik dan percaya diri.Batasan Waktu Simulasi    - Pemahaman mengenai batasan waktu dalam simulasi.Metode PelatihanPelatihan akan dilakukan melalui:- Presentasi materi oleh anggota tim sukses CGP Angkatan 10.- Studi kasus dan latihan simulasi mengajar.- Diskusi dan tanya jawab interaktif.PesertaPeserta kegiatan ini adalah para calon guru penggerak Angkatan 10 dari SMAN 6 Kota Komba dan SMAS Seminari Pius XII Kisol.PenilaianPenilaian akan dilakukan berdasarkan partisipasi aktif peserta dalam kegiatan, kemampuan melaksanakan simulasi mengajar, dan kualitas jawaban saat sesi tanya jawab.

IV. Anggaran

Kegiatan ini akan dibiayai melalui dana yang telah dialokasikan oleh dana komite SMAN 6 Kota Komba.V. PenutupKami yakin bahwa kegiatan kelas persiapan ini akan membantu para calon guru penggerak Angkatan 10 untuk sukses dalam seleksi. Kami berharap agar proposal ini dapat disetujui dan mendapatkan dukungan dari semua pihak terkait.

 

 

Bagikan artikel ini:
Frumensius Hemat, S.Fil

- Kepala Sekolah -

Puji Syukur kita persembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah Dan rahmatnya sehingga akhirnya kami dapat meluncurkan kembali website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana informasi yang dipublikasikan di website ini sungguh membantu anda?

Hasil