You need to enable javaScript to run this app.

Empat SD Yang Menumpang di SMAN 6 Kota Komba, Sukses Laksanakn ANBK

  • Kamis, 25 November 2021
  • Robertus Higmat Alang
Empat SD Yang Menumpang di SMAN 6 Kota Komba, Sukses Laksanakn ANBK

 

Kisol, Kamis (25/11/2021). Sebanyak empat lembaga Sekolah Dasar yang menumpang melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMAN6 Kota Komba telah sukses dilaksanakan. Keempat SD tersebut adalah, SDN Kisol, SDI Marukure, SDI Leke dan SDN Moso Kukun. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin sampai Kamis (22-25 November 2021) ini secara umum tidak mengalami kendala baik dari segi dukungan sarana prasarana maupun dari siswa-siswi yang melaksanakan kegiatan asesmen. Menurut Oskar Hemat, S.Pd, Kepala Sekolah SDN Kisol sebagai salah satu dari keempat sekolah yang melaksanakan ANBK mengatakan Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Pada setiap satuan pendidikan, Asesmen akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas 5 pada tingkat SD, Kelas 8 pada tingkat SMP, dan kelas 11 pada tingkat SMA yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud RI. Dengan pelaksanaan secara mandiri atau menumpang, dan moda pelanksanaan secara online atau semi online” jelasnya.
Sementara itu Maxi Adi, S.Pd selaku kepala SDI Marukure menyampaikan terima kasih kepada lembaga SMAN 6 Kota Komba yang telah bersedia memfasilitasi kami empat lembaga SD untuk melaksanakan kegiatan ANBK. “ Pelaksanaan ANBK ini adalah kegiatan perdana yang kami laksanakan, karena kegiatan ini bertautan langsung dengan perngkat computer, dan karena sekolah kami belum memiliki fasiltas computer yang memadai maka kami menumpang ke SMAN6 yang sudah memiliki fasilitas computer yang cukup lengkap, dan kami berterima kasih kepada SMAN6 yang bersedia memfasilitasi kami, baik dari dukungan sarana prasarana dan juga dukungan proctor (operator komputer) yang bersedia memfasilitasi mulai dari tahapan sinkron sampai pelaksanaan ANBK” ungkap Maxi.
Kegiatan ANBK ini diikuti oleh peserta assessment sebanyak 98 0rang yang terbagi dari empat lembaga SD, yakni SDN Kisol sebanyak 30 orang, SDN Marukure dan SDI Leke sebanyak 21 orang dan sebanyak 26 orang dari SDN Mosokukun. Kegiatan yang dijawalkan pada gelombang 3 dan 4 ini menggunakan dukungan prangkat computer sebanyak 30 unit computer client dan 1 unit computer server.
Frumensius Hemat, S.Fil selaku kepala sekolah SMAN 6 Kota Komba sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan menyampaikan terima kasih kepada keempat lembaga SD yang sudah mempercayakan SMAN6 untuk melaksanaakn ANBK, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada proctor SMAN6 yang besedia meluangkan waktu untuk memfasilitasi pelaksanaan ANBK tingkat SD yang menumpang di Laboratorium Komputer SMAN 6 Kota Komba. “ Semoga saja keempat lebaga SD yang menumpang melaksanakan ANBK di sekolah kami saat ini tahun depan sudah tidak lagi menumpang, karena sudah memliki perangkat komputer sendiri, tetapi jika belum juga maka kami tetap membuka pintu untuk melaksanakan ANBK, yang terpenting demi kecerdasan dan kualitas anak-anak didik kita, tambah Frumen. (RHA)

 

Bagikan artikel ini:
Frumensius Hemat, S.Fil

- Kepala Sekolah -

Puji Syukur kita persembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah Dan rahmatnya sehingga akhirnya kami dapat meluncurkan kembali website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana informasi yang dipublikasikan di website ini sungguh membantu anda?

Hasil