You need to enable javaScript to run this app.

Seminggu Kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila:SMAN 6 Kota Komba Bikin Wuu, Tar dan Rak Bunga

  • Selasa, 08 Februari 2022
  • Frumensius Hemat
Seminggu Kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila:SMAN 6 Kota Komba Bikin Wuu, Tar dan Rak Bunga

Kisol, Selasa, 8 Februari 2022. SMAN 6 Kota Komba kembali bergerak dengan kegiatan proyek profil pelajar Pancasila. Selama seminggu ke depan, sejak Senin sampai Sabtu, 7  sd 12 Februari 2022 diisi dengan berbagai kegiatan. "Proyek Profil pelajar Pancasila kali ini masih melanjutkan kegiatan proyek di semester ganjil kemarin" demikian Wakasek Kurikulum, Melky Flavianus Sino, S. Pd. "Dalam seminggu ini kegiatan proyek kita isi dengan pembuatan makanan khas Rongga yakni Wuu. Target pembuatan wuu ini harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat sekitar, mengingat pembuatan wuu edisi pertama belum bisa dipasarkan.Kemarin, banyak orang tua murid yang ingin membeli Wuu yang dihasilkan itu, namun karena bahan bakunya sedikit, hanya bisa dicicipi oleh para guru dan peserta didik itu sendiri. Proyek profil pelajar Pancasila ini juga akan melatih kembali peserta didik dalam pembuatan rak bunga dan pembuatan kue tar. Adapun peserta kegiatan proyek ini adalah peserta didik kelas  X didampingi oleh para guru. Kelas X SMAN 6 Kota Komba sebagai perintis  pelaksanaan program sekolah penggerak, " demikian penjelasan tambahan dari guru matematika ini. 

Setiap penanggung jawab atau kordinator kegiatan diberi kepercayaan untuk menyusun perencanaan termasuk di dalamnya pendanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan laporan kegiatan. " Pada dasarnya kegiatan proyek ini tidak terlalu menyulitkan peserta didik itu sendiri, karena menjadi lanjutan kegiatan di semester sebelumnya, tegas Klaudia Nurwati, S. Pd, Kordinator Kegiatan Proyek Makanan Lokal Rongga. 

"Sekolah harus mampu memberi akses belajar peserta didik, terutama dalam mengembangkan bakal, karakter dan ketrampilan peserta didik. Hasil dari proyek sebisa mungkin bernilai ekonomis dan bisa mendatangkan pendapatan bagi peserta didik nantinya. " kata Frumensius Hemat, S. Fil. Lebih lanjut, Frumensius menambahkan bahwa kegiatan proyek ini harus berlandaskan pada modul proyek yang disusun secara baik dan holistik. Termasuk di dalamnya modul memuat materi pengemasan dan teknik pemasaran yang baik dan efektif. Kegiatan proyek profil pelajar Pancasila sudah pasti didukung penuh oleh SMAN 6 Kota Komba, terutama dari sisi pendanaan dan penyediaan waktu yang cukup. 

Semoga kegiatan proyek ini bisa membawa manfaat yang sangat besar bagi peserta didik dan sekolah secara umum. Salam bergerak. 

 

 

Bagikan artikel ini:
Frumensius Hemat, S.Fil

- Kepala Sekolah -

Puji Syukur kita persembahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah Dan rahmatnya sehingga akhirnya kami dapat meluncurkan kembali website…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana informasi yang dipublikasikan di website ini sungguh membantu anda?

Hasil